Selasa, 30 Juli 2013

Yang Terindah






SMA Katolik Santa Maria Malang adalah Sekolah Menengah Atas swasta katolik yang merupakan salah satu bentuk karya perutusan pendidikan dan pengajaran Konggregasi Suster Santa Perawan Maria (SPM) di Indonesia. 

SMAK Santa Maria dikenal denan sebutan "SMA LANGSEP", karena letaknya di Jalan raya Langsep 41 Malang. Sama seperti SMA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan di SMAK Santa Maria Malang ditempuh dalam tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas X sampai kelas XII. 

Sejarah SMA ini dikelola oleh Perkumpulan Dharma Putri yang melanjutkan karya pendidikan dan pengajarn Institu de Zusters Van Onze Lievwe Vrouw . Karya pendidikan dan pengajaran dimulai pada tanggal 20 Oktober 1926 sampai sekarang. SMAK Santa Maria Malang berdiri sejak pada tahun 1960 terus berkembang baik secara kualitas maupun kuantitas. Oleh sebab motto sekolah ini adalah "C2H (Competence, Creative- Innovative, and Harmony)". 

Perkumpulan Dharma Putri juga meengelola 50 sekolah mulai tingkat TKK sampai dengan tingkat SMA. Perkumpulan Dharma Putri menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di Indonesia dengan mengelola sekolah-sekolah sesuai dengan sifat khusus pengabdian dan pelayanan Katolik.Dan, disemangati oleh spiritualitas SPM yang diwujudkan dalam visi misi Perkumpulan Dharma Putri. 1950.

Sr. Henrica Maria Verhoef yang akrab dipanggil Sr. Gerarda, kelahiran Stoutenburg - Nederland, 5 Mei 1919 tiba di Indonesia sebagai misionaris. Melaksanakan tugas panggilannya sebagai pendidik dan menjadi kepala sekolah baik SD maupun SLTP untuk beberapa tahun. 1960. 
Sr. Gerarda mendirikan SMAK Santa Maria sebagai filaal SMAK St. Albertus yang bertempat di Jl. Panderman 7A Malang. Memulai pengajaran pada awal tahun 1961-1962. Pada saat ini jumlah siswa tidak lebih dari lima puluh orang. 

Pada tahun 1964 dengan dukungan dari para wali murid, beberapa penderma sosial, Dewan Pengurus Suster SPM, beliau berhasil membeli sebidang tanah dan membangun sebuah gedung sekolah di Jl. Raya Langsep 41 Malang. 
Tahun 1965 Santa Maria mulai berdiri dengan nama SMAK Santa Maria dan berstatus swasta. Tahun 1978 Pembangunan lapangan olahraga dan perluasan aula. Dengan anjuran dokter di Surabaya, Dewan Pengurus Suster SPM Nederland dan Indonesia dan demi ketaatan, beliau kembali ke Nederland untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. 
Tahun 1979 Pada pertengahan Juli, Dewan Pengurus Suster SPM mengangkat Sr. Francine Tjandrawati menjadi Kepala Sekolah SMAK Santa Maria untuk menggantikan Sr. Gerarda yang sedang sakit. Dengan dukungan para guru dan dengan dikuatkan oleh pesan-pesan Sr. Gerarda menjelang wafatnya, peningkatan mutu pendidikan, penyempurnaan, dan pembangungan sekolah berjalan terus. 
Tahun 1984 Penambahan dua lokal kelas dan sebuah perpustakaan. Pada bulan Oktober SMAK Santa Maria diakreditasi. 1985 Penambahan tiga lokal kelas, ruang doa, ruang konselor, dan penambahan tiga lokal kelas menjadi sebuah ruang mengetik, komputer dan laboratorium fisika. Selain itu, SMAK Santa Maria mendapat status "Disamakan". 
Tahun 1986 Penambahan ruang serbaguna yang sekarang berfungsi sebagai ruang kesenian. 

Program Studi SMAK Santa Maria Malang 1. Program Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 2. Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Fasilitas 1. WiFi Area 2. 18 Ruang Kelas dilengkapi dengan LCD 3. Ruang Musik 4. Ruang Karawitan 5. Ruang Doa 6. Ruang Seni 7. Laboratorium Komputer 8. Laboratorium Biologi 9. Laboratorium Kimia 10. Laboratorium Fisika 11. Laboratorium Bahasa 12. Aula 13. Perpustakaan 14. Lapangan Olahraga (Basket, Voli, Bulutangkis) 

Kegiatan 1. MOS (Masa Orientasi Siswa) 2. Perayaan Hari Besar Nasional 3. Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia, Jalan Sehat, dan Lomba-lomba 4. Langsep Challanges 5. Out of the Box 6. Pameran Perguruan Tinggi 7. Valentine's Day 8. Hardiknas 9. Donor Darah 10. Outbond Osis 11. Prom Nite 12. Retreat 13. Live In 14. Natal Ekstrakurikuler 1. Voli 2. Basket 3. Futsal 4. Bulutangkis 5. Wushu 6. Modern Dance 7. Hip-Hop dance 8. Karawitan 9. Handicraft 10. Mandarin 11. Internet 12. Band 13. Jurnalistik 14. Photography 15. Paduan 

Suara Referensi http://smaksantamaria- malang.sch.id/

3 komentar: