Rabu, 03 Desember 2014

Kaki Lembu Donggala, Whats Up Guys??


Ubi sebagai teman menyantap Kaledo

Kuahnya sedikit asam dan pedas 

Salah satu Warung Kaledo
Wiskul atau Wisata kuliner kali ini aku coba share ke kalian guys salah satu Wiskul di tempat ku yang harus dan mesti kalian coba. Brader n sister jika kamu berkesempatan datang ke kota Palu Sulawesi Tengah, pastikan kalian bisa menikmati suasana kota ini terutama di malam hari.

Nah aku sarankan kalian juga harus nikmati kaki lembu juga yah, kaki lembu ???? yups
"Kaki Lembu Donggala" tepatnya, masih pada bingung juga
hehehe... yups brader/sister kalau dengar kuliner "Kaledo" bagaimana guys smile yah.... ini lah salah satu kuliner khas Sulawesi Tengah, KALEDO... apa itu dan bagaimana
rasanya?

Kaki Lembu Donggala atau yang lebih dikenal dengan nama "Kaledo" ini adalah makanan khas masyarakat Donggala. Terletak di provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di kota Palu. 

Makanan ini mirip dengan sup buntut, bedanya tulangnya dari kaki lembu dan disajikan bukan dengan nasi melainkan dengan ubi. Tulangnya itu sendiri adalah ruas tulang lutut yang masih penuh dengan sum-sum.

Ada juga yang mengatakan, bahwa Kaledo berasal dari Bahasa Kaili, bahasa penduduk Palu. "Ka" artinya Keras, dan "Ledo" artinya Tidak, sehingga dapat diartikan "tidak keras".

YupsGuys.....  Untuk supnya, bahan yang digunakan antara lain cabai, garam, asam, dan jeruk nipis. Bisa dibayangkan betapa rasa sup bisa menggugah selera makan.

Kuliner ini berkuah bening dengan rempah khas Sulawesi. Rasa pedas dengan sedikit rasa asam  membuat rasa kuliner ini menjadi ciri khas nya. Tulang kaki sapi/lembu yang dimasak cukup lama sehingga daging daging disekitar tulang terasa empuk sekali. Apalagi sum-sum ditengah itu... slurrruuuupppp.... sedotan telah disediakan untuk kita sedot habis. Ciri khas Kaledo ini adalah pasangan makannya adalah ubi lho guys.... yups karena terasa banget sensasi nya kalau dengan nasi wah... itu sih umum dan biasa.

Kalau lalu kalian yang pernah ikut Sanmar86 Goes to Madura kita semua pernah menikmati sajian dari Depot Kaldu Al Gozhali di Sampang Madura, nah ini mirip sekali dengan kuliner tersebut cuman yang membedakan adalah bumbu bumbunya saja. Dan Hampir tersedia di beberapa warung makan di kota Palu ini. Selamat bergoyang lidah guys, nikmati sensasinya dengan rasa rempah khas Sulawesi. 

Okey Guys sampai jumpa lagi di WisKul berikutnya .... yang nanti aku coba explore buat kalian semua. See ya......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar