Senin, 01 Desember 2014

Pulau Ketupat

Hai…guys, Jalan jalan kali ini aku akan bawa kalian ke satu spot yang cukup bagus di tempatku ini. Yups spot ini bisa kita jadikan ajang mancing bagi penggemar mancing mania, atau bagi yang suka snoorkling and diving. Kami disini biasa menyebut pulau ini Pulau Ketupat, kenapa disebut Pulau Ketupat ternyata pulau ini bila dilihat dari atas nampak gugusan pulau pulau kecil menyerupai ketupat, hm…m suatu kreasi alam yang unik kan. Sayang aku belum punya picture nya. Tapi memang kalau kita perhatikan bentuknya mirip ketupat.


Dermaga Mapaga, Desa Labean

Perjalanan ku mulai dari Dermaga Mapaga di Desa Labean suatu desa terletak tidak terlalu jauh dari tempatku. Dermaga ini adalah salah satu “terminal”  ‘tuk ke desa desa di tanjung tanjung yang masih sulit ditempuh lewat jalur darat. Dan ongkos termasuk relatif murah.

Pulau ini dari tempatku berjarak 1 jam perjalanan dan dapat ditempuh dengan kapal motor atau sampan kecil sekali pun. Gugusan pulau pulau kecil ini kalau kita lihat dari luar nampak seperti tiga pulau besar ternyata semakin dekat kapal ke pulau ini semakin jelas bahwa pulau pulau ini ternyata terpisah pisah satu sama lainnya.


Pulau pulau yang terpisah dan kapal bersandar


Dan keseruan mulai nampak ketika kapal mulai mendekati tepi pantai tempat biasa “parkirnya” kita seakan masuk ke dalam sebuah benteng terkepung diantara pulau pulau kecil. Wow…..so eksotis guys…. Pingin rasanya jangan “parkir” dulu kapal ini … kiri kanan muka belakang pulau pulau kecil berserakan dan saling berdekatan, seakan melindungi kami semua dari serangan musuh hehehehe,….. dan sudah pasti gelombang laut berbeda sekali ketika kapal masih berada di luar “benteng” …disini air begitu tenangnya.   

Hanya menurut driver kapal kita harus sangat berhati hati melintas diantara pulau pulau kecil ini, karena saking dangkalnya perairan disini kapal bisa bisa kandas, beruntung kalau kandas di pasir kalau kena karang kan bisa berabe… setelah berbelok kanan kiri dengan kecepatan sangat rendah sesekali kita harus mendayung akhirnya kapal bisa merapat.


Pulau yang terpisah lainnya

Riak riak kecil menyambut kami semua, hamparan pasir putih nan halus menempel di kaki kami dan biasa lah anak anak kecil sudah pasti mereka sangat bergembira sekali…. Byuuurrr….byuuurrrr …. Tanpa peduli lagi dengan kami yang sedang sibuk membongkar muatan hehehe….

Keceriaan anak anak yang langsung bermain

Pulau tempat kami singgahi ini adalah satu satunya pulau yang cukup memadai untuk kami buat camp. Barang telah turun semua,ransum juga telah diturunkan, tikar tikar buat tuk’ berbaring telah dihampar dibawah pepohonan  nan rindang. Angin sepoi sepoi membuat mata rasa mengantuk. Ahh…. Jangan sampai tertidur pikir ku. Karena pulau ini tidak terlalu luas, aku coba berjalan jalan sendiri tujuan ku mau memutari pulau ini, betul seperti perkiraanku tidak sampai 20menit aku sudah kembali ketempat asal dimana aku start tadi. Tapi selama perjalanan 20 menit tersebut so awesome guys….


Eksostisme alam ku .... spot yang paling aku suka

Hamparan batu karang berserakan bercampur dengan putihnya pasir laut sungguh indah tuk dinikmati. Hening …. Serenity…. Sudah pasti kita temui di pulau ini, keheningan yang tercipta membuat kita seakan menyatu dengan alam ini, sayang kalau kita lewatkan.


Hening ....

Terlihat di kejauhan sana laut menghijau biru tanda bahwa tempat itu sangat dangkal, dengan latar belakang landscape daratan besar dimana disana lah aku tinggal, tapi kini aku berada disini di pulau pulau kecil nan eksotis ini wow …..its paradise …. Guys. Ingin rasanya berlama lama disini….hilang semua stress…. Mungkin hutang piutang bakal gak kepikir yah hehehehe…..

Hijau membiru ....

Batu karang hati hati melangkah

Walau tak bisa berenang berendam pun boleh lah …. Aku beredam dulu yah.......


Nyebur juga akhirnya .....

So lets get lost guys…… semoga apa yang aku explore ini bisa menambah wawasan kita semua bahwa Indonesia adalah zamrud khatulistiwa yang selalu akan bikin iri negera lain, Alam ini terbentuk dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia, jadi marilah kita lestarikan. Kita jaga. Karena ini semua adalah milik kita….

2 komentar: