Rabu, 28 Januari 2015

Hadiah untukmu di akhir tahun .. _/|\_

Oleh  Ifan Winarno

Tahun baru memang sudah kita lewati beberapa minggu, namun gemanya masih terasa... Dan kado akhir tahun pun belum semuanya dibuka...  

Bagaimana perasaanmu ketika menerima sebuah kado dariku yang cukup besar .. Sebut saja 1m x 1m x 1m .. Terbungkus rapi dengan kertas kado yang sangat menarik corak bunganya, terikat rapi dengan pita berornamen kupu-kupu? .. Tentunya senang .. Bahkan mungkin sampai euphoria saat kamu menerimanya


Gregetan pengen cepet membukanya pastilah sedang merasuki seluruh nadimu .. Dan kaupun tak sabar menarik pitanya .. Indahnya ornamen pita berbentuk kupu2 itupun rela kau korbankan karena keingintahuanmu .. "Apa isinya, ya?" .. Bahkan gak sabar kau robek kertas bercorak bunga itu .. Saat itu juga kertas pembungkus kado itupun langsung menjadi sampah yang tak lagi menarik perhatianmu ... semua hanya karena isi sebuah kardus berukuran 1m x 1m x 1m itu ..

Sebuah kotak kardus besar ada di depanmu .. dan saat kau buka bagian atasnya .. ternyata isinya adalah .. UDARA .. Wakakak

Kamupun pasti mengira aku bercanda, atau bahkan sudah gak waras .. memberikanmu sebuah kotak kardus besar yang kosong sebagai hadiah .. Tidak!! Sama sekali tidak!! Karena kamu memang sangat membutuhkan kotak kardus kosong besar itu .. ini Sangat Serius!! 

Sejak dulu .. Kotak kardus besar kosong adalah tempat bermain yang luar biasa untuk seorang anak manusia .. Kotak inipun selalu siap menjadi studio imajinasi tanpa batasnya .. Dengan rasa aman, terlidungi oleh sisi-sisi kotak kardus, seorang anak bisa menjadi berani secara bebas mengekspresikan apapun yang menjadi imajinasinya .. Entah sebagai awak pesawat ruang angkasa .. Atau tentara yang sedang berjuang di medan perang .. Bahkan menjadi dokter yang mengoperasi pasien (boneka)-nya tanpa ada kekhawatiran sedikitpun .. 

Kotak kardus besar kosong inipun bisa berubah menjadi mobil, perahu, rumah, gua, lift .. atau apapun, tanpa takut bentuknya tidak mirip dengan obyek real-nya .. Dan, luar biasanya imajinasi inipun bisa disharing dengan teman-teman bermain yang ikut di dalam cerita yang sedang dikembangkan .. Tanpa ada rasa malu untuk menyampaikan, bahkan melibatkan orang lain ke dalam rancangan imajinasi mereka .. Bahkan orang dewasa yang melihatnyapun tidak akan mengolok-olok mereka .. 

Malahan, tidak jarang orang dewasapun mau ikut berperan dalam kegilaan imajinasi mereka di kotak kardus besar kosong ini .. bahkan, ketika ada orang dewasa yang mengolok-olk seroang anak yang lagi berimajinasi di dalam kotak kardusnya, maka reaksi normalnya justru menutup diri di dalam kotak itu .. dan menjadikan orang dewasa yang mengolok-oloknya malah ketakutan kalo si anak akan pingsan kehabisan oksigen di dalam kota kardus ini .. hahaha .. sebuah ruang yang pas untuk sebuah petualangan tanpa batas .. tidak ada lagi benar salah, tidak ada lagi pantas atau tabu .. semua dimainkan hanya demi sebuah perasaan senang .. perasaan bahagia .. yang mampu menyegarkan jiwa para pemainnya ..

Peran serta semua yang terlibatpun lebih mirip improvisasi dalam alunan musik jazz ketimbang kesempurnaan harmony dalam seni musik klasik .. Sebuah kotak kardus besar kosong yang mampu menciptakan sebuah ruang bebas bagi kanak-kanak manapun memainkan perannya dalam kisah imajinatifnya .. yang sudah jarang kau temui dengan mudah di sekitarmu saat ini. 

Ide berpikir di luar kotak atau Thinking Out of the Box .. memang benar-benar membawa dampak perubahan yang besar dalam banyak hal, khususnya dalam bentuk inovasi atau terobosan2 besar .. bahkan akhir2 ini banyak digembar-gemborkan konsep Thinking Without the Box .. 
saya justru ingin mengajak anda ber-re-kreasi .. kembali ke dalam kotak kardus besar yang masih tersimpan rapi dalam kenangani anda .. sebuah ruang pribadi yang memberikan perasaan aman, nyaman, rasa percaya diri, bebas berkespresi .. bahkan berdiskusi dengan diri sendiri tanpa takut dilabeli orang 'yang merasa waras' sebagai orang 'kurang waras' .. 

Wishing an empty big box for you for this holiday season ..

May you enjoy every single second of it ..

#zen.tilan.zen.tilun
#empty.big.box.meditation

(.. diketik pas lagi nunggu wanita hebat dg suara yang menghipnosis di warung kopi ..)

2 komentar: