Rabu, 11 Februari 2015

Si "Kriyuuk" Bawang Goreng Palu

Sentilan dari Bos Ifan Winarno yang mengatakan "itu pusat e bawang goreng" setelah terbitnya tulisanku tentang Jembatan Lengkung Palu, membuat aku teringat bahwa memang betul yang dikatakan teman kita ini,  daerah ku ini selain terkenal dengan wisata alamnya yang eksotis juga memiliki ciri khas juga seperti yang dimaksud sama bro Ifan. 

Bawang yang dimaksud sama seperti bawang pada umumnya,hanya bawang ini lebih kecil dan bulat berwarna putih serta cukup keras dan satu lagi, guys......... konon bawang ini hanya tumbuh di lembah Palu saja.
Jadi nggak bakal tumbuh diluar Palu. 
Hm....  apa ini yah yang menjadikan bawang ini unik.
 


Okey guys ...

Bawang ini nggak bisa tahan lama setelah dipanen harus segera diolah menjadi bawang goreng, paling lama seminggu setelah panen harus segera diolah. 

Pengolahan nya juga cukup sederhana sebelum digoreng protolin dulu akar akarnya lalu kupas seperti biasa kemudian iris tipis tipis, siapkan minyak lalu goreng lah seperti biasa.


Para pengolah biasanya telah menyediakan berbagai macam ukuran kemasan untuk bawang goreng ini dan harga yang ditawarkan juga bervariasi mulai dari 10.000an tergantung berat kemasan. 

Oh ya bawang goreng ini bisa bertahan lama guys bisa sampai 6 bulan apalagi kalau disimpan di kulkas bisa lebih lama lagi,  dan uniknya nggak bakal melempem bandingkan dengan bawang goreng lainnya hehehe.

Jadi bisa buat buah tangan kalau kalian pas kebetulan berada di Palu guys.

Mengenai rasa sudah pasti gurih renyah dan kriyuuuk habis apalagi pas rame rame nge mie atau nge bakso jangan lupa taburi dengan bawang goreng ini so... pasti sensasi nya beda guys. 

Okey sahabat Blogger Sanmar86 sekian dulu coret coret ku ini.  emoga bisa bermanfaat guys 

1 komentar: