Rabu, 01 April 2015

Si "Pidis" sambal Roa

Membaca artikel sebelumnya tentang Sambal, http://sanmar86malang.blogspot.com/2015/03/nyambel-lets-make-spicy-sauce.html  menarik penulis untuk juga mengenalkan kepada kalian guys bahwa ditempat ku juga ada sambal yang juga bisa jadi referensi.  Bahan bahan sih sama saja, hanya disini ada tambahan daging ikan Roa. 

Yuks cekidot guys bagaimana dan apa saja mengenai si Pidis ( pedas sebutan orang Manado) Roa ini.

Sambal Roa, mungkin sebagian belum terlalu akrab di telinga kita semua. Guys,  sambal ini khas Manado dan sudah dikenal di seluruh penjuru nusantara hingga mancanegara.

Di Manado Ikan Roa tak sulit ditemukan, dengan mudah kita bisa dapatkan di supermarket maupun pasar tradisional. Untuk harga di supermarket harga satu pack bervariasi mulai Rp. 18.000,- tergantung berapa banyak isinya.

Beda lagi di pasar tradisional, satu layar (istilah untuk satu pack dalam bentuk dijejerin di kayu) harganya Rp. 25.000,- isinya lumayan banyak (saya sarankan beli lah di pasar tradisional karena dipastikan masih baru guys).


Ikan Roa (Garfish), Banyak juga yang menyebut ikan roa adalah ikan cucut (swordfish) atau ikan terbang (flyingfish), atau ikan julung-julung dan berbagai nama sebutan lainnya. Mungkin karena dilihat dari bentuknya yang hampir sama lebih dikenal berasal dari daerah Sulawesi Utara dan sekitarnya (ada juga yang bilang dari Ternate, Gorontalo & Irian. Intinya banyak berasal dari perairan timur Indonesia ). 

Bentuk tubuhnya unik dan indah, di bagian mulutnya memiliki bentuk seperti paruh yang panjang dengan permukaan yang halus mengkilap berwarna perak dan hitam.


Ikan roa dipasarkan sudah diawetkan terlebih dahulu yaitu dengan cara pengasapan. Cara pengawetan ini untuk mengurangi kadar air tanpa menghilangkan nilai gizinya sehingga ikan dapat tahan lebih lama atau daya awetnya lebih panjang. 

Lalu mana sambal nya? Pasti lah para ibu ibu cantik disini pasti tahu lah cara membuatnya, seperti menyambal pada edisi sebelumnya, cuma disini bahannya kita tambahkan daging ikan Roa aja kok guys.  
===========================
Bahan bahan nya :
- 4 potong ikan roa
- 14 cabai rawit
- 15 cabai merah
- 1 tomat
- 9 bawang merah
- Minyak hasil gorengan
- Garam
- Gula

Cara pembuatan :
1. Goreng terlebih dahulu ikan roa yang sudah dibersihkan (kulitnya dilepas).
2. Ikan digoreng hingga merah, hati-hati jangan sampai hangus atau merah banget. Ikan yang sudah digoreng, ditumbuk hingga halus. (numbuknya pakee hati yah bu.....  )
3. Goreng cabai, tomat dan bawang.
4. Haluskan cabai dll, diulek yah
5. Campur ikan roa halus dengan bumbu yang sudah dihalusin.
6. Tambahkan minyak hasil gorengan tadi dengan garam, gula sesuai selera

Selesai.... .... 

Kami disini biasa menyantap sambal Roa ini saat makan bubur Manado karena sensasi rasa ikan roa nya terasa banget bercampur aneka sayuran di dalam bubur... Wow ....
Apalagi aroma asap dari ikan ini terasa sekali. Bisa juga disantap bersama nasi kemepul panas dijamin kemlecer kerrrr..., meminjam istilah sobat kita Nanang Supriadi, hehehe...

Okey guys itu sedikit cerita sambal ku. Mana nih cerita sambal mu.....  Kami tunggu yah sambal sambal nusantara dari kalian. 

 See you ......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar