Senin, 06 April 2015

Woloan si empunya Rumah Panggung

Mendengar namanya saja kalian pasti mengernyitkan kening apa sih Woloan ini dan apa juga sih hubungannya dengan rumah panggung? 

Guys, Woloan adalah nama sebuah desa di sekitaran Tomohon yang pasti kalian kenal. Woloan adalah daerah di Kota Tomohon bagian Barat. Dari Manado ibukota Sulut, ditempuh dalam waktu 45 menit lewat jalan darat atau berjarak sekitar 30 kilometer. Lalu rumah panggung dengan daerah ini apa yah ? 

Sewaktu penulis jalan jalan ke Tomohon, oleh pemandu istilah keren nya "guide" diarahkan ke daerah ini dan apa yang aku lihat sungguh membuat aku salut dengan apa yang mereka kerjakan.

Pertama aku pikir rumah panggung yang bertebaran disisi jalan tersebut ada penghuninya dan milik masyarakat setempat.  Dan membuat aku berpikir oh....  tempat ini hanya mempunyai spesialisasi dengan rumah panggung saja yang berjajar jajar, tanpa mengerti dan kami lewati begitu saja.  

Tapi penulis akhirnya nyelethuk juga dengan mencoba bertanya "kok sepi sih tempat ini? " sepertinya nggak ada penduduk yang beraktifitas hanya nampak beberapa orang saja yang terlihat seperti membenahi salah satu bagian dari rumah panggung tersebut.  

Nah terjawab juga akhirnya, ternyata rumah panggung rumah panggung itu ternyata tidak ada yang menempati soooooo.....  (lalu...?)  ternyata rumah panggung itu untuk dijual.....  Lheeee.....  Dijual?  

Yups guys rumah panggung ini diperjual belikan lho.  Wow.... Rumah panggung ini dijual, lalu apa kita harus move on kesini... Nggak deh pikirku hehehe suepppiiii ngono hehehe.

Ternyata salah lagi aku,  semakin penasaran nih langsung aku tanya ke guide nya lalu bagaimana cara beli itu rumah segitu gede nya, kan repot mindahin nya. Kulihat guide nya mala senyum senyum eh......  Oh.... ternyata, rumah panggung ini bisa di knock down guys wow...... 

Thats I call amazing,  copot dan pasang hm.....m......  Suatu maha karya yang sudah mendunia guys. Pembeli nya mau tahu dari mana saja guys ini yang membuat penulis angkat topi ternyata sudah sampai ke Argentina lho guys , Eropa Belanda, Swedia bahkan Negara penghasil kayu seperti Finlandia dan Denmark juga menjadi lokasi ekspor rumah panggung ini.  Bagaimana jempol kan guys. 


Mengenai harga cukup bervariasi guys Harga rumah panggung Woloan bervariasi, tergantung jumlah kamar atau ruangan. Bervariasi mulai dari Rp 75 juta hingga Rp 250 juta. Jenis kayu untuk pembuatan rumah panggung tersebut yaitu kayu cempaka dan meranti. Kayu cempaka mempunyai ciri khas berserat lurus, liat, tidak mudah patah, dan memiliki tekstur yang halus, begitu juga dengan kayu meranti. Makanya tahan gempa guys. 

Okey guys itu satu mahakarya masyarakat Woloan yang penuh dengan ide kreatif mungkin mereka terpengaruh sama mainan "Lego" kali yah hehehe. 

Ciaooooo....



2 komentar:

  1. aku pesen yang tiga kamar tidur , tiga kamar mandi, balkon di setiap kamar..... ama kolam renang nya yahhh..... )

    BalasHapus