Senin, 05 Oktober 2015

Gowes @ Taman Nasional Baluran - The Africa Van Java

Minggu pagi yang cerah dengan sedikit dingin serta kabut tipis menyertai start bersepeda jelajah wisata di Taman Nasional Baluran. Taman Nasional yang terletak di 2 kabupaten Situbondo dan kota paling ujung di pulau Jawa, Banyuwangi. 






Tepat jam 6 pagi setelah matahari terbit sekitar 700 goweser diberangkatkan. Route yang akan dilalui sejauh 35 km. Di 17 km pertama, kita benar-benar disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Hamparan pegununan laksana hewan berbaris menemani sepanjang perjalanan.




Kita juga disuguhi pemandangan padang rumput nan luas. 
Orang-orang menyebutnya Padang Savana.

Segerombolan kera mengiringi gowes kita sepanjang jalan. Dan kalau beruntung, kita juga bisa melihat banteng berkeliaran. 



Pos pertama ɑϑɑ di Pantai Bama. Pantai yang masih asri dan bersih karena terletak didalam kawasan Taman Nasional. 

Setelah melepas penat dan menyeruput segelas kopi hitam..., mulailah kita memasuki 18km etape ke-2 yang akan menjelajahi hutan belukar serta hutan bakau. 

Disini, 8 km perjalanan awal, kita benar-benar diuji mental, endurance serta kesabaran, karena hampir semua peserta(+-700 goweser) mengeluh akan medan yang sangat berlumpur dan tidak bisa dipedal sama sekali. 



Sepanjang 8km an pun goweser menuntun sepedanya. Route yg "hanya" 8 km an terasa jauh, panjang dan lama sekali. 


Medan yang berlumpur dan kadang berair dalam setinggi ban sepeda. 

Sekitar 4 jam berada dalam kubangan lumpur, terlalu lama untuk route yang hanya 8 km. 


Rasa penat dan lelah terobati... Sirna seketika... Di etape pamungkas kami disuguhi lagi hamparan pantai yang masih perawan, bersih dan indah. Sampai di garis finish sekitar jam 13.00 an.


Sungguh suatu pengalaman gowes yang sangat melelahkan, yang mestinya sangat bagus jika tidak ɑϑɑ hujan mengguyur dalam 5 hari sebelum event dilaksanakan. By the way, sangatlah menyenangkan gowes di Taman Nasional Baluran. It's so amazing... !









Tidak ada komentar:

Posting Komentar