Senin, 16 November 2015

Menjemput Sunset @ Alun Alun Tugu


Setelah tempo hari kita “uklam-uklam” alias jalan-jalan ke Alun Alun Malang dengan wajah barunya http://sanmar86malang.blogspot.co.id/2015/10/alun-alun-malang-new-icon.html, sekarang gantian kita jalan-jalan ke Alun Alun Tugu. 

Alun Alun Tugu atau kerap disebut juga Alun Alun Bundar nggak jauh kok tempatnya dari Alun Alun Malang. Naik motor cuman sekitar lima menit. Cukup dekat kan ?




Alun Alun Tugu ini letaknya cukup strategis. Disamping letaknya yang berada di tengah kota juga berdekatan dengan stasiun KA. Kotabaru dan bersebelahan dengan gedung pemerintahan dan sekolah. 


Tepat di sebelah selatan berdiri megah gedung Balaikota Malang, hotel Splendid Inn. 
Lantas disebelah barat adalah hotel Tugu (bangunan baru, dahulu rumah tinggal). Aula SKODAM. SMAN 1, 3, dan 4 (dahulu HBS/AMS) berada disebelah utaranya, serta gedung DPRD (bangunan baru, dahulu rumah tinggal).


Alun Alun Tugu ini keberadaannya tidak lepas dari sejarah perjuangan di kota Malang pada jaman perang kemerdekaan

Monumen Tugu kebanggaan warga kota Malang ini menjadi target penghancuran saat
Belanda memasuki kota Malang pada Agresi Militer Belanda I tahun 1948

Hal tersebut tidak membuat warga Malang patah semangat
Rawe rawe rantas malang malang tuntas, pada tahun 1952 tugu ini dibangun kembali  dan diresmikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1953


Tidak kalah dengan Alun Alun Malang, Alun Alun Bundar juga memiliki lingkungan yang asri dan sejuk... Tidak mengherankan karena di sepanjang jalan dinaungi pohon-pohon besar nan rindang, teristimewa di sekeliling alun-alun. 


Ya..., Alun Alun Tugu dikelilingi pohon-pohon Trembesi yang telah berusia ratusan tahun...! 

Batang pohonnya beberapa kali pelukan orang dewasa besarnya. Dahan-dahan nya menjalar bagai tangan-tangan yang kokoh... menjulang tinggi keangkasa seakan hendak menggapai mega yang berarak... Daunnya yang rimbun mengayomi siapa saja yang berada dibaliknya...





Pohon Trembesi telah menjadi “trandmark” Alun Alun Tugu... Melekat di memori siapa saja yang pernah berkunjung kemari. Tidak saja pohon-pohonnya... namun juga sebuah monumen yang berada ditengah-tengahnya. 




Sebuah monumen tugu ditengah kolam... yang berdiri kokoh menjulang... dikelilingi rimbunnya tumbuhan teratai. Anggunnya monumen masih dibalut dengan sebuah taman yang apik nan asri... Semakin menyempurnakan keindahannya.


Suasana yang nyaman membuat betah siapa saja untuk santai berlama-lama disini... 

Tidak saja pagi atau siang hari untuk kegiatan edukasi SMA-SMA tugu namun juga teristimewa bersantai  sore hari... sembari menunggu

terbenamnya matahari yang memerah di ufuk barat. Sebuah momen yang tidak boleh dilewatkan begitu saja... 


Nah, tunggu apa lagi... 
Yuk buruan kesini... J









3 komentar:

  1. Bunga plastik nya itu lho yg gak bagus wkwkwk... Usulin dong ganti dgn bunga asli

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas bro... anggap saja sebagai lampu penerangan biar nggak gelap gelap amat klo malam hari :)

      Hapus