Selasa, 26 April 2016

Nikmatnya Ayam Tasak Telu @ Tigapanah


oleh : Idha Damanik

Tanah Karo yang terkenal dengan gunung Sinabungnya menyimpan ragam kuliner yang lezat. Tidak saja menggugah selera namun juga membuat rindu di hati. Begitu menggoda...

Ada satu sajian yang membuat saya tidak bisa berlama-lama untuk segera mencicipinya tiap kali berlibur ke Brastagi. 

Ya... apalagi kalau bukan Ayam Tasak Telu di warung Alpan di Tigapanah. 

Meski disini banyak warung yang menyediakan menu yang sama namun di tempat inilah saya merasa cocok dengan sajian masakannya. Dengan kata lain ayam tasak telu nya sesuai dengan selera saya dan juga keluarga. 

Ada yang menarik di warung ini, yaitu jam bukanya yang terbatas. Sehingga jumlah porsi masakan yang dijual pun tidak terlalu banyak.



Konsumsi ayam untuk tasak telu tidak lebih dari 10 ekor. Hal ini ternyata dimaksudkan agar “bang Alpan” (sebut saja begitu J) bisa berganti  melanjutkan bekerja di ladang begitu selesai berjualan makanan.

Tasak Telu dalam bahasa setempat mempunyai  arti masakan tiga jenis, yaitu ayam kampung rebus, daun singkong, dan kelapa parut.
Air rebusan ayam nantinya disajikan sebagai kuah. Sop kosongan begitu saya menyebutnya, karena tidak ada isian layaknya sop di dalamnya.


Ayam sebagai menu utama  sudah tersedia lengkap dengan “bumbu kental”nya, dimakan bersamaan dengan daun singkong dan kelapa parut yang mirip dengan urap di Jawa.

Bumbu “cocolan” nya ini lah yang membuat rasa ayam yang semula minimalis menjadi begitu istimewa. Tidak ketinggalan,  nasi beras merah semakin menambah citarasa sajian ini.

Ayo kawan, kalau jalan-jalan ke Medan jangan sampai lupa cicipi ya...
Selamat makan ma nasiam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar