Selasa, 10 Mei 2016

Khasiat Buah Srikaya

oleh : Witjaksana

Sekitar bulan April-Mei merupakan musim buah srikaya (annona squamosa), tak terkecuali di kota saya, Sumenep, Madura. Buah-buah ini berasal dari kecamatan Bluto yang tidak jauh dari kota Sumenep. 

Info dari teman di Pandaan, Jawa Timur juga demikian, hampir tiap hari berburu srikaya. Mumpung lagi musim katanya. 

Selain di pasar tradisional, banyak pedagang yang menggelar dagangan di jalan poros agar mudah dijangkau pembeli.   Bak gayung bersambut, buah srikaya ini tidak pernah sepi pembeli. Selain karena rasanya yang enak dan manis juga berkhasiat (bermanfaat untuk pengobatan)


Manfaat buah srikaya :

Mencegah asma. Srikaya adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Vitamin C ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang nantinya bisa digunakan untuk mencegah beberapa penyakit yang salah satunya ialah penyakit asma.

Mengontrol kadar gula darah. Buah srikaya memiliki banyak kandungan serat. Apabila Anda mengonsumsi 2 buah srikaya saja, maka Anda sudah memenuhi setengah dari kebutuhan serat harian tubuh. 
Tak hanya itu saja, konsumsi buah srikaya juga dipercaya bisa mencegah resiko terkena diabetes tipe dua.

Menurunkan tekanan darah. Buah srikaya memiliki kandungan potassium yang berperan menurunkan tekanan darah. Potassium mampu mengontrol efek dari sodium yang ada pada tubuh

Menjaga kesehatan jantung. Vitamin B dalam buah srikaya dapat mencegah berkembangnya homocystein. Homocystein adalah zat yang bisa menyebabkan stroke dan jantung koroner apabila jumlahnya besar


Menjaga persediaan kandungan Vitamin B. Vitamin B adalah vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perkembangan fungsi tubuh. Dengan adanya riboflavin yang terdapat dalam buah srikaya bisa membantu memantau terkecukupinya kebutuhan tubuh terhadap vitamin tersebut.

Membantu tubuh dalam menghasilkan energi. Srikaya memiliki kandungan thiamin. Thiamin adalah salah satu zat yang bisa membantu mengubah gula menjadi energi. Jadi apabila Anda seharian lelah beraktivitas, bisa mengkonsumsi buah srikaya setelahnya.


Memperkuat tulang. Buah srikaya mengandung magnesium yang terbukti bisa membantu menjaga kepadatan tulang agar tetap kuat.

Menjaga kesehatan kelenjar tyroid. Kelenjar tyroid merupakan kelenjar yang paling besar di dalam tubuh. Letaknya berada pada leher di bagian depan. Kelenjar tyroid bisa mengeluarkan enzim yang berperan bagi tubuh bernama tyroxine. Karena buah srikaya mengandung tembaga, maka akan membantu untuk menstimulasi kerjadi dari tyloid itu.

Membantu menurunkan kolesterol jahat. Kandungan niacin yang ada dalam buah srikaya akan bermanfaat untuk meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh kita.

Mencegah gangguan kehamilan. Kandungan folat dari vitamin B dalam buah srikaya membantu mencegah terjadinya cacat janin dari ibu hamil. 

Teman, ternyata banyak juga ya manfaat nya. 

Yuk... kita rame-rame makan buah srikaya mumpung sekarang sedang musimnya.




(Sumber : http://www.kesehatanpedia.com/2014/09/khasiat-buah-srikaya.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar