Rabu, 24 Juni 2015

DAWET OH DAWET !

Oleh : Joice Hill

Dulu di Malang - zamanku masih SMA - banyak bapak-bapak penjual dawet tepung beras lewat depan rumah dan aku sering beli...murah, meriah, dan gurih. 

Tapi, kayaknya sekarang sepertinya sudah langka dawet seperti itu - yang masih banyak mungkin dawet yang terbuat dari tepung hunkwe (tepung kacang ijo). Aku kurang begitu suka dengan yang terakhir ini, kecuali yang bikinan Mamiku J ( Dulu Mamiku sering buat untuk dijual di depot kami ).

Nah, belakangan cuaca di tempatku sempat panas banget. 

Lha, koq yang terbayang segelas es dawet tepung beras J. Segera dah, aku cari resepnya di timbunan resep-resepku. Ketemu..sekitar 4-5 versi. Masalahnya sekarang, aku tidak punya cetakan dawet.  


Setelah browsing sana-sini, akhirnya ketemu info kalo kita bisa buat dawet dari saringan. Ada sih saringan plastik, tapi lubangnya terlalu kecil. 
Akal punya akal, aku perbesar lubangnya dengan obeng yang dipanasi dengan lilin. Lalu, finishing touch-nya aku haluskan dengan cutter. Suamiku sampai terheran-heran melihat ulahku... :p

Akhirnya, tibalah saatnya aku membuat dawet.

Entah karena adonannya terlalu kental atau akunya yang terlalu bersemangat.. retak dah saringanku.. hiks..hiks.. 
Untungnya saringan murah... kayaknya masih bisa dipakai ..

Hasil akhirnya ..

Yah, begitulah.. Kalah jauh dibandingkan dengan dawet bapak-bapak  .. ,tapi sebagai penawar dahaga...nayamul lah.. (menghibur-diri.com)


Ini penampilannya sebelum di 'glegek

Masih belum puas...
Iseng-iseng browsing lagi dan..ketemu cara lain bikin dawet.... pakai icing tip ! 

Langsung dah dipraktekkan J

Dan, hasilnya ....
Lumayan cantik kan meski agak tidak lazim ..

Hehehe.  Ini, pakai resep versi lain juga... tapi rasanya lebih enak dari yang pertama dan penampilannya dalam gelas juga sudah lumayan.. J





Kept browsing...eh, katanya bisa juga buat dawet dengan potato ricer. Langsung dah, intip-intip Amazon.com dan Ebay.com. 

Harganya macam-macam - mulai dari $ 9 sampai $50. Kepengen? Hmm..... tahulah..  Cari di thrift store  saja deh dulu, siapa tahu ketemu yang berkualitas baik dan yang pasti much cheaper J

UPDATED  SELASA DINI HARI
Akhirnya dua hari yang lalu aku buat dawet dari hunkwe...lebih sederhana , lebih praktis dan lebih cepat. 



O ya, untuk kuah dawet aku biasanya pakai coconut milk yang untuk minuman yang ditambah sedikit garam, bukan coconut  milk yanguntuk memasak. Jadi kalo didiamkan di lemari es, nggak 'ngendhal'. Rasanya juga  segar, nggak mblengeri .

Tinggal diseruput tiap buka kulkas ..J



1 komentar:

  1. Semakin sulit juga disini nemui yg asli begini.... Dimana yooo bisa dapat yg begini ini.

    BalasHapus