Senin, 02 Maret 2015

Si Multi Manfaat Coconut

Alam telah menyediakan segala sesuatunya, tinggal bagaimana kita mengolah dan menjadikannya bermanfaat bagi kehidupan kita. Yups, benar kalimat diatas guys.

Guess what ?
Seperti yang akan aku share disini mungkin sebagian dari kita sudah biasa melihatnya ketika sedang touring ke alam pedesaan atau lagi weekend ke pantai. Yah…pohon kelapa. Hehehe ada apa sih dengan pohon yang biasa kita lihat keberadaannya ini di pantai dan di persawahan?
Guys, Sulawesi dikenal dengan komoditas perkebunannya selain perikanan tentunya. Perkebunan kelapa tersebar hampir diseluruh Sulawesi ini, baik milik perorangan maupun perusahaan besar semisal Bimo** ( maaf iklan nggak boleh yah disini hehehehe )


Pohon kelapa, apa saja dari pohon ini yang tidak bisa kita manfaatkan darinya. Batang kelapa biasanya disini dipergunakan untuk kebutuhan rumah tangga seperti furniture. 

Lebih ekstrim lagi batang kelapa disini kami pergunakan sebagai jembatan darurat bila ada jembatan disini rusak, dan kekuatannya guys jangan ditanya bisa tahan dengan berat sampai 5-8 ton boleh lewat. Hm…m kuat kan? 

Daun kelapa bisa dijadikan sapu lidi, suatu yang juga bermanfaat bagi kita guys. Nah yang paling penting lagi buahnya guys …. Siapa yang nggak suka kelapa muda?

Sudah tentu ngecessss…..
Apalagi kalau cuaca panas pasti suegerrrrrr …… ker…….!! Juga punya manfaat lagi kan guys. Air kelapa juga sangat bermanfaat bila kita keracunan. Jadi sebagai pertolongan petama segera minum air kelapa bila kita keracunan.


Tapi yang jadi lebih penting lagi, coba kita lihat dari buah kelapa ini. Selain sebagai minuman segar, ternyata bila buah kelapa ini masih punya manfaat lainnya lagi misalnya dijadikan komoditas ekspor berupa kopra yang nantinya akan diolah menjadi minyak goreng. Masih juga terlihat manfaatnya lagi.
 
Eiiiiittttt………belum selesai guys coba perhatikan sabut kelapanya …Bisa jadi apa hayoooo ?? Yups bener “Keset Welcome” Hahahaha….. juga masih bermanfaat kan guys ?

Sudah …..? Oh  belum broooo and sista, masih ada lagi manfaat lainnya. Yups, tempurung nya masih bisa. Arang Tempurung jadi bahan bakar alternatif penggantinya minyak tanah kan  ? 

Hasil memasak menggunakan arang tempurung sudah pasti berbeda rasa dari masakan yang kita masak lho guys. Nggak percaya boleh tanya sama bro Nanang Supriadi….  si empunya Rawon Rampal


Aku coba menggunakan kesempatan ini untuk mencoba mencungkil kelapa yang telah menjadi kopra dari tempurungnya ternyata cukup sulit guys dan butuh keahlian khusus juga pastinya.

Ah….mending terima duitnya aja lah kan sudah ada pekerja yang khusus untuk mengerjakan hal yang kelihatan mudah guys tapi wow ….. kalau tangan kita sendiri yang mengerjakannya hehehehe……… 

Okey guys sekian coretan singkat ini sampai jumpa di coretan coretan kami berikutnya yah, 

Keep on Spirit ….guys








Tidak ada komentar:

Posting Komentar